24/12/2022

Mensos Ajak Semua Pihak untuk Tidak Lagi Mendiskriminasi Disabilitas

Hari Disabilitas Internasional, Mensos Ajak Semua Pihak untuk Tidak Lagi Mendiskriminasi

Pada 20 Desember 2022 yang lalu, telah digelar puncak peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) dan Hari Disabilitas Internasional (HDI) yang bertempat di Alun-alun Ida Dewa Agung Jambe, Jl. Untung Suropati, di Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali. Acara yang berlangsung meriah ini dihadiri langsung oleh Menteri Sosial Tri Rismaharini.

Di bulan Desember, kita memperingati dua hari yang sangat penting yakni Hari Disabilitas Internasional yang diperingati setiap 3 Desember dan Hari Kesetiakawanan Nasional yang jatuh pada tanggal 20 Desember. Kedua peringatan ini merupakan momen yang tepat untuk menyerukan kembali pentingnya meneguhkan semangat kesetiakawanan sosial, yakni merajut solidaritas, tolong menolong, saling membantu, dan saling peduli.

Dalam acara puncak ini, Mensos juga mengajak semua pihak untuk memastikan kembali tidak ada lagi diskriminasi kepada anak bangsa lain yang termasuk dalam golongan rentan, terutama penyandang disabilitas dan lansia. Karena menurut Mensos, masih dijumpai berbagai tindakan bully-ing terhadap penyandang disabilitas.

Setiap orang memiliki kekurangan dan juga kelebihan. Tidak ada satu pun makhluk ciptaan Tuhan yang memiliki kesempurnaan. Oleh karena itu, setiap orang tidak boleh merendahkan orang lain karena ketidaksempurnaannya. ”Tidak ada lagi orang yang mem-bully orang lain di sekitarnya,” pungkas Mensos.

“Mereka adalah saudara sebangsa. Di balik keterbatasan para penyandang disabilitas mereka memiliki kelebihan. Tidak boleh lagi ada pemasungan terhadap ODGJ. Apalagi dikurung dan dirantai. Secara medis mereka bisa disembuhkan,” kata Mensos.

Selain itu, Mensos juga menyatakan bahwasanya kita masih menghadapi berbagai tantangan alam, seperti halnya bencana hidrometeorologi, bencana vulkanik dan tektonik di berbagai daerah. Tak hanya itu, tantangan pembangunan sumber daya manusia (SDM) dan tantangan sosial lainnya pun juga masih dihadapi oleh bangsa Indonesia. Untuk itulah, Mensos menyerukan agar semua elemen bangsa bersatu padu dan saling membantu, di mana pemerintah bergerak bersama semua potensi bangsa.

Nah, ayo Sobat Jangkau, kita berpartisipasi aktif dengan #BantuSesama dan #SebarkanKebaikan bersama Jangkau! Di sini, kamu bisa memberikan donasi maupun mengajukan permohonan donasi untuk saudara yang membutuhkan di sekitarmu.

Categories

Related Posts